Tipe dan Tips Food Photography untuk Bisnis Kuliner.

Visual yang berkualitas adalah pintu masuk agar bisnis Anda dapat menarik perhatian calon pe

Tips Food Photography

Visual yang berkualitas adalah pintu masuk agar bisnis Anda dapat menarik perhatian calon pelanggan. Jasa fotografi makanan kian banyak bermunculan untuk mengakomodasi meningkatnya kebutuhan para pebisnis kuliner untuk menampilkan produk kulinernya dengan ciamik. 

 

Para food photographer adalah seniman yang dapat membantu Anda mewujudkan tampilan produk Anda sesuai dengan branding dari bisnis Anda. Tipe food photography yang sesuai dapat memperkuat brand Anda dan meninggalkan kesan yang kuat dimata pelanggan. Berikut beberapa tipe photography makanan yang dapat Anda jadikan inspirasi untuk foto produk makanan Anda, baik itu di buku menu atau media lainnya.

1. Foto Produk Katalog

Menampilkan katalog produk sudah menjadi cara yang umum untuk menunjukan fitur penting dari sebuah produk yang ditawarkan. Hal ini memungkinkan para calon pelanggan untuk melihat secara detail keunggulan yang dimiliki suatu produk dan dapat membantu mereka memutuskan untuk membeli suatu produk atau tidak.

Foto produk katalog dicirikan dengan background/latar belakang yang polos untuk menonjolkan fitur produk. Menggunakan latar belakang berwarna putih dengan mengatur aperture yang lebar dan depth of field yang tinggi dapat membuat produk Anda menonjol. Hasil dari foto produk bisa digunakan untuk packaging atau keperluan lainnya yang menonjolkan fitur dari produk tersebut.

2. Foto Produk Iklan

Sebuah foto iklan memiliki tujuan untuk mempromosikan suatu produk yang digunakan dalam spanduk, katalog, papan iklan, dan iklan online seperti posting Instagram dan Iklan Facebook.

Foto Produk Iklan

Apapun aksesori atau teknik yang mereka gunakan, fotografi iklan kental akan nilai dan sangat menggambarkan identitas dari brand tertentu. Hal tersebut bisa berupa warna khas brand dan perasaan yang ingin diciptakan dari visual brand. Kualitas gambar lagi-lagi harus sangat tinggi karena gambar-gambar ini dapat digunakan pada papan reklame dan iklan di majalah.

3. Foto Buku Menu

Ada pepatah terkenal di kalangan koki, “You eat with your eyes first.” Pernyataan ini sangat tepat di industri restoran. Tidak ada yang mau makan sesuatu yang tidak enak dilihat. Makanan harus terlihat lezat dan nikmat bagi pelanggan untuk membelinya. Salah satunya dengan menyajikan menu yang menarik untuk dilihat.

Memiliki foto makanan yang menarik di menu Anda sama pentingnya dengan memiliki foto makanan yang menarik di media sosial. Pencahayaan adalah salah satu elemen penting yang dapat meningkatkan atau menghancurkan foto makanan untuk menu Anda.

Melakukan foto menu di studio foto akan lebih aman karena Anda dapat mengatur tata letak pencahayaan sehingga menciptakan image yang konsisten dibandingkan mengandalkan matahari sebagai sumber cahaya. Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat foto menu makanan menarik adalah dengan menggunakan background yang simple, eksperimen dengan berbagai angle, menambahkan dekorasi simple, dan mempercantik tampilan makanan dengan editing.

4. Foto Konten Social Media

Penggunaan social media untuk mempromosikan cafe atau restaurant sudah tidak asing lagi di kalangan pebisnis FnB (Food and Beverages). Insight data dari Facebook menyatakan makanan dan minuman berada di peringkat ketiga tentang konten yang paling diminati di Instagram, dengan 43% pengguna tertarik terhadap konten makanan dan minuman.

Foto Konten Social Media

Fotografi makanan di social media identik dengan kesan pengalaman memakanannya. Biasanya hal ini meliputi elemen sosial atau orang yang sedang menyantap atau menikmati hidangan yang disajikan. Fotografi makanan di social media sebaiknya menunjukan bagaimana pengalaman seseorang memakan hidangan tersebut sehingga orang yang melihatnya bisa ikut membayangkan pengalaman memakan makanan tersebut, bahkan sebelum menyantapnya secara langsung.

5. Foto Ambience Cafe atau Restaurant

Ambience atau suasana dalam banyak kasus mungkin merupakan salah satu aspek terpenting dari bisnis apa pun. Ambience menentukan suasana hati, karakter, kualitas, nada, dan pengalaman menikmati produk Anda. Ketika Anda memikirkan tentang ambience, pikirkan tentang bagaimana pengalaman yang ingin Anda dapat dari bisnis Anda atau kompetitor Anda. 

Foto Ambience Cafe atau Restaurant

Foto ambience cafe atau restaurant dapat berupa suasana sehari-hari, proses penyajian makanan, proses pelayanan, dan lain sebagainya. Kehadiran orang sangat penting digambarkan dalam foto ambience cafe atau restaurant untuk menciptakan kesan hidup dan menyenangkan.

____

Bisnis kuliner memiliki banyak elemen kompleks yang harus kita sampaikan dengan tepat. Pengalaman mengkonsumsi makanan tidak hanya pada makanannya saja, tetapi mulai dari bagaimana makanan itu terlihat, apa saja elemen yang menonjol di dalamnya, hingga bagaimana suasana yang tepat untuk menyantap makanan tertentu. Hal tersebut dapat kita sampaikan dengan fotografi makanan yang sesuai dengan tujuan foto tersebut ditampilkan.

Submit your response

Your email address will not be published. Required fields are marked *